Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Alasan mengapa tubuh Manusia bisa tersetrum



    Karawang11.com

    mungkin sebagian besar manusia pernah merasakan bagaimana tersengat arus listrik atau biasa disebut dengan kesetrum.hal ini bisa terjadi karena anda menyentuh kabel beralilan listrik,atau colokan listrik pada dinding yang mungkin terkelupas ,atau mungkin ketika kita memasang lampu.banyak hal yang bisa membuat kita tersengat.hal ini bisa membahayakan jiwa .

    tapi,pernahkah anda melihat burung burung yang bertengger di atas kabel listrik beraliran tinggi tetapi tidak mengakibatkan sengatan pada burung tersebut? dan mengapa bisa demikian?

    hal ini disebabkan karena arus listrik adalah aliran Elektron,yang hanya bisa mengalir apabila apabila diberi jalan,contoh mudahnya adalah lampu di rumah bisa menyala karena ada elektron yang diberi jalan,melewati dan memanaskan kawat pijar di dalam bola lampu hingga menyala.semua arus listrik akan mengalami siklus mulai dari awal bergerak (di pembangkit listrik ) lalu melewati alat alat listrik di rumah,dan kemudian berakhir di tanah dengan konsep jalur cepat.

    anda bisa mengindari sengatan listrik (kesetrum) dengan cara memotong alur seperti dengan menggunakan sandal karet.kita amati petugas listrik yang sedang melakukan perbaikan.umumnya mereka menggunakan peralatan safety seperti kayu,plastik,karet yang tidak dapat menghantarkan listrik (insulator).agar terhindar dari sengatan listrik.

    beberapa contoh lain seperti kaki burung juga relatif berjarak dekat, sehingga tidak ada perbedaan energi antara kaki satu dengan yang lainya. dalam beberapa kasus, jika anda berada di alam terbuka dengan cuaca mendung dan di sertai petir, usahakan jangan berlari. karena tegangan langkah yang terjadi antara kedua kaki anda akan memberikan ancaman sengatan apabila ada petir yang akan menyambar pohon yang tidak jauh dari anda. arus listrik yang lewat di bawah anda akan berpindah dari kaki satu ke kaki lainya sehingga menyebabkan kita tersengat aliran tersebut.



    (zhy)

    Sumber: Berita unik


    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728