Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Disdukcatpil Kab. Karawang Gelar Operasi Simpatik


    Karawang - karawang11.com

    Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang, menggelar operasi simpatik di Terminal Klari, Kecamatan Karawang Timur. Selasa (11/06/19)

    Kegiatan rutin tahunan saat arus balik lebaran tersebut, bertujuan mengantisipasi para pendatang dan melakukan pendataan dengan menunjukan identitas diri berupa e-KTP.

    Hari ini kita mulai pelaksanaan operasi di terminal Klari dan besok akan ke terminal Tanjung Pura dilanjut ke tempat kos-kosan " ujar Kepala Dinas dan Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan.

    Yudi menjelaskan, Pada tahun kemarin ada istilah operasi yustisi karena operasi yustisi itu kegiatannya ada di dinas intansi yang lain, Jadi untuk sekarang menjadi operasi simpatik.

    Operasi simpatik ini untuk 
    pembuatan dokumen kependudukan bagi pendatang bilamana mereka belum mempunyai dokumen kependudukan untuk pindah ke Kerawang " katanya

    Lanjutnya, selain operasi simpatik, juga diberikan penyuluhan sambil diberikan persyaratan untuk pembuatan dokumen kependudukan, bukan hanya pendatang tetapi khususnya yang lama sudah di Karawang tapi belum mempunyai dokumen kependudukan baru akan di berikan arahan dan sosialisasi.

    Pendatang sampai hari ini 10.625 Itu yang lapor ke dinas kependudukan mungkin yang belum lapor masih banyak, tapi ada juga yang pindah keluar sebanyak 8.273 " ungkapnya

    Lanjutnya, masih kata Yudi, trend sekarang itu banyak pendatang bagi pencari kerja di pabrik atau di perusahaan dengan konsekuensi kontraknya 2 tahun, artinya begitu 2 tahun dipindah lagi keluar Karawang.

    Mayoritas pendatang tidak ada, mayoritas jadi tersebar ada yang dari Jawa Tengah, Jawa Barat Jawa Timur, DKI, Sumatera, sementara itu, untuk penduduk asing mungkin nanti akan ber koordinasi dengan imigrasi.

    Sampai saat ini penduduk asing yang masuk dan sudah membuat dokumen itu sebanyak 300 an" pungkasanya. (Dicky)

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728